Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Liang Teh

Jika anda berjalan di kota Pontianak pada malam hari atau subuh, menelusuri jalan-jalan protokol pontianak terutama di jalan Gajah Mada dan jalan Tanjung Pura anda akan menemukan gerobak dengan gelas terisi minuman-minuman yang telah tersaji. Orang-orang Pontianak menyebutnya Liang Teh (Tio Ciu) atau Liong Cah(khek). Liang/liang artinya dingin, bukan berarti minuman itu dingin kecuali anda minta ditambahkan beberapa bongkah es pada minuman tersebut yang anda pesan. Liang/liong yang berarti dingin itu artinya bisa meredakan panas dalam yang anda derita. Liang Teh ini terbuat dari seduhan atau rebusan berbagai herbal yang berkhasiat bagi kesehatan, mungkin sebagian tumbuhan atau herbal telah anda kenal contohnya adalah kumis kucing, andong-andong kerang-tanaman ini menyerupai pandan dengan warna merah, daun mint dan lain-lain.
Liang Teh tersedia dalam 2 versi, versi manis dan versi pahit, versi pahit biasanya dicari orang-orang yang sedang panas dalam atau sedang radang tenggorokan. Merupakan tantangan besar bagi anda yang tidak tahan pahit, penulis pernah mengerjai teman dari daerah lain yang tidak mengetahui versi liang teh yang ada, penulis meminum versi manis dan untuk teman diberikan versi pahit, tentu saja sang teman minumnya sambil manyun-manyun menahan rasa pahit, toh dia yang minta untuk mencari kuliner khas pontianak. Setelah dia minum barulah dijelaskan padanya tentang Liang Teh dan khasiatnya serta ada 2 versi, pahit dan manis.
Untuk anda yang kebetulan atau memang dengan hasrat sepenuh hati mngunjungi kota Pontianak jangan lupa untuk menikmati segelas atau lebih Liang Teh yang penuh khasiat di kota ini. Jangan hanya mencoba yang manisnya saja tapi cobalah juga versi pahitnya, karena kalau ditanya sama penjualnya yang mana yang lebih cespleng jawabnya pasti yang pahit, dan ketika anda menghabiskan yang pahit oleh penjualnya akan diberi bonus 1/3 gelas yang manis gratis tis tis tis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau di bandingkan pata wali yang ini lebih pait ni ,mantepppp

Posting Komentar